Mengajari kakak mengaji


Semenjak simbok resign dari dunia kerja dan memajukan diri untuk menjadi full hot mom#plakdesigh hahaha, saya jadi tau tugas simbok sebagai real teacher for my lovely daughter itu seperti apa. Target pun mulai saya rancang, sebiasa mungkin santai buat anak tapi pasti untuk masa depannya. Salah satunya adalah mengajak si kakak untuk bisa membaca Al-Qur’an. Dimulai dari mengeja a ba ta tsa tentunya. Daaan tralala ternyata menemukan cara mengajari anak dengan cara yang fun it’s not easy lho. Soalnya sepertinya ini anak nurunin emaknya, “pokoknya kalau sudah denger kata belajar mesti sudah BE-TE duluan” hahaha.

IMG_20150612_181704

Tapi simbok sadar kalau anaknya cerdas, dan tau kalau dia pasti cepat bisa asal mau belajar #ciyeh, yang ini nurunin emaknya juga ya 🙂

So modal di iming-imingi hadiah dia mau belajar setiap hari.

20151101_113927

Hadiahnya sederhana saja kok, agar atu bijik juga sudah cukup. Itupun boleh dimakan waktu snack time .. hahaha … Tetep saja ada akal simbok biar ngirit jajan.

Waktu latihannya sudah intens, dia suka lupa sama hadiahnya, jadi semakin kesini ngajarin semakin enjoy. Pernah juga sekali waktu dia bosan dengan hadiah makanan, lalu simbok bilang kalau rajin belajar dia bisa jadi doraemon#sesat kelewat jauh sebenernya. Tapi cara ini jitu, dia mau belajar lagi. Tinggal efeknya simbok harus minta maaf karena udah bohong.

Alhamdulillah setelah lewat masa awal yang berat dan harus ekstra sabar subur dan sobir akhirnya si kakak di usianya yang 3,5 tahun sudah iqro 3. Sebenernya agak bangga setengah ndak percaya, mengingat dulu simbok bisa mengaji waktu kelas 3 SD. Mengingat lagi simbok mengajari dengan kemampuan simbok yang super duper cetek.

 

Leave a comment